Selayang Pandang Yayasan Al-Fath Bekasi

      Yayasan Al-Fath Bekasi adalah sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan da’wah yang didirikan pada awal tahun 2000; saat ini Yayasan Al Bekasi dipimpin oleh Rd. Cecep Sujana yang dipilih dalam rapat pengurus dan disetujui oleh pembina yayasan.  Akte pendiriannya dibuat oleh Notaris Ny. Sermida Silaban, SHI. pada tanggal 8 Maret 2002. Setahun kemudian atau tepatnya tanggal 9 September 2003 akte pendirian tersebut disahkan oleh Menteri Kehakiman dan HAM RI melalui SK Nomor C-98.HT.01.02.  

      Pada tahun 2013, seiring dengan terjadinya pergantian pengurus Yayasan, maka terjadi pula perubahan pada akta Yayasan. Akta perubahan tersebut dibuat oleh Notaris Hj. Sussy Chaerani, SH. tanggal 27 Januari 2014 dengan nomor akta “4”. Selanjutnya akta tersebut disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI melalui SK Nomor AHU-27.AH.01.05 Tanggal 8 April 2014.

Pada awal pendiriannya, Yayasan hanya menyelenggarakan pendidikan non formal dengan membina empat orang anak yatim piatu. Saat itu hampir seluruh kegiatan pembinaan dilakukan di Mushalla yang menjadi “aset pertama”. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah anak didik (santri) yang dibina Yayasan semakin banyak. Jika sebelumnya hanya membina 4 anak maka saat ini telah lebih dari 300 anak-anak dan remaja dari berbagai kalangan yang dididik dan dibina di lembaga-lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan. Mereka tidak hanya berasal dari Kota Bekasi saja melainkan dari daerah-daerah lain.

Aset-aset Yayasan pun alhamdulillah bertambah. Dari yang semula hanya sebuah Mushalla kini telah memiliki tanah seluas 1.795 m2 yang di atasnya didirikan beberapa sarana pendukung seperti kantor sekretariat, ruang belajar, ruang serbaguna dan asrama.

Kegiatan Yayasan pun mengalami perkembangan. Saat ini Yayasan tidak hanya membina mental spiritual anak-anak dan remaja saja tapi juga dewasa dan orang tua (bapak-bapak dan ibu-ibu). Yayasan juga menyelenggarakan pendidikan keterampilan dan pelatihan-pelatihan seperti komputer, menjahit, sablon, kerajinan tangan, kesenian dan olahraga.

Sumber dana dari seluruh kegiatan tersebut adalah hasil penghimpunan dana zakat, infak/sedekah, wakaf dan sumbangan tidak mengikat dari masyarakat luas. Selain itu, secara temporer Pontren Al-Fath juga menerima bantuan dari instansi swasta dan pemerintah. Saat ini Pontren mencoba menjalankan usaha untuk memenuhi kebutuhan operasional. Di antara usaha yang sedang dikembangankan adalah rental komputer, jahit, toko buku/ATK dan kantin.